Paduan Membuat Komputer Gaming Rakitan

Tips Memilih Monitor Terbaik untuk Komputer Gaming

Bagaimana anda memilih monitor gaming yang terbaik? Pada artikel ini, Buildpcgames akan menjelaskan apa yang perlu perhatikan dan perlu diketahui saat memilih monitor LCD yang cocok dan sesuai untuk komputer gaming yang anda rakit. Ada beberapa fitur yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli monitor untuk pc gaming yang and arakit. Berikut ini merupakan tips memilih monitor terbaik untuk komputer gaming beserta beberapa fitur yang paling penting untuk anda pertimbangkan sebelum memilih dan membeli monitor.

Tips Memilih Monitor Terbaik untuk Komputer Gaming

Tingkat Respon Pada Monitor Komputer Gaming


Tingkat respon dari monitor LCD mengacu pada seberapa cepat masing-masing pixel pada layar dapat berubah warna. Semakin rendah tingkat respon, semakin cepat update layar. Jika anda bermain game yang cepat seperti game action misalnya, di mana gambar berubah dengan cepat, jika anda bermain pada monitor dengan tingkat respon lambat, anda mungkin mengalami apa yang dikenal sebagai "ghosting". Ghosting terjadi ketika gambar sebelumnya ditampilkan pada layar masih dapat dilihat sebagai bayangan kabur untuk saat-saat setelah gambar telah berubah.

Ketika memilih monitor gaming terbaik, tingkat respon mungkin merupakan faktor paling penting untuk dipertimbangkan. Ghosting dan motion blur dapat merusak pengalaman gaming anda secara keseluruhan. Semakin cepat tingkat respon monitor anda, semakin sedikit ghosting akan terjadi.

Sebenarnya, LCD dengan tingkat respon 5ms adalah monitor dengan spesifikasi minimum untuk game. Lebih rendah dari 5ms tentu akan lebih baik (ingat bahwa yang lebih rendah, lebih cepat), dan yang terbaik untuk pengalaman gaming yang mengesankan adalah 2ms dimana anda tidak akan mengalami ghosting saat bermain game.

LED vs LCD untuk Monitor Komputer Gaming


Monitor LED sebenarnya sama persis seperti monitor LCD, Namun, LED menggunakan backlighting LED yang menyediakan beberapa keuntungan seperti layar lebih cerah dan tajam, layar lebih tipis, dan penggunaan daya yang rendah. Monitor LED saat ini memiliki harga sedikit mahal di atas LCD standar, tetapi jika anda ingin monitor gaming terbaik, maka disarankan untuk membeli monitor LED saja. Jika tidak, monitor LCD standar dengan tingkat respon yang baik juga sama baiknya.

Apa Ukuran Monitor yang Pas Untuk Komputer Gaming?


Pada akhirnya, berapa besar ukuran monitor tergantung dengan anda sendiri mau seberapa besar. Hal yang perlu dipertimbangkan tentu kebutuhan dan juga dana untuk membeli monitor. Hal itu dikarenakan lebih besar layar, semakin mahal harga monitor. Namun, untuk pengalaman gaming terbaik, gunakalah monitor setidaknya  berukuran 19", atau sebesar yang anda mampu untuk membelinya karena tidak ada yang bisa mengalahkan sensasi bermain game di monitor degan layar lebar dan berkualitas bagus. Jika anda memiliki simpanan uang lebih, disarankan untuk membeli monitor berukuran 23"atau 24", atau bahkan 25"  ke atas,

Contrast Ratio untuk Membandingkan Monitor Komputer

Rasio kontras monitor umumnya dapat membantu anda membandingkan kualitas gambar antara monitor yang berbeda. Secara umum, semakin tinggi rasio kontras, semakin baik kualitas gambar. Dengan rasio kontras tinggi, layar monitor dapat menghasilkan level yang lebih hitam, yang menciptakan pengalaman yang lebih mendalam dan visual yang tajam. Perlu diingat bahwa rasio kontras tidak selalu akurat mengukur kualitas gambar, jadi jangan menggunakannya semata-mata untuk membandingkan dua monitor karena ada hal lain yang perlu dopertimbahkan yang lebih penting dari hal ini.

Melihat Angle Monitor untuk Memilih Monitor Terbaik


Jika anda melihat monitor LCD dari berbagai sudut, anda akan melihat bahwa gambar muncul redup dan warna biasanya terlihat aneh. Pada sudut ekstrim seluruh gambar bahkan bisa saja menghilang. Sudut pandang dari monitor LCD sendiri adalah sudut di mana anda masih dapat melihat layar dengan jelas dan biasanya tercantum dalam daftar spesifikasi monitor.

Semakin besar sudut pandang maka semakin baik, tapi untuk gamer sudut pandang tidak terlalu penting karena anda melihat langsung di layar sepanjang waktu. Tapi ada beberapa orang yang akan mempertimbangkan sudut pandang dan menjadikannya pertimbangan yang penting, misalnya jika anda perlu untuk menunjukkan presentasi dengan monitor LCD yang akan beli.

Video Tips dan Paduan tentang Monitor untuk Komputer Gaming


Kesimpulan dari Tips Memilih Monitor Terbaik untuk PC Gaming


Mudah-mudahan anda sekarang memiliki refrensi dan pertimbangan sebelum membeli monitor gaming terbaik untuk kebutuhan anda sendiri. Ingat, untuk pengalaman bermain game yang anda inginkan dan idamkan, gunakanlah monitor dengan tingkat respon 5ms atau lebih rendah dari itu untuk menghindari ghosting. Anda juga mungkin sebaiknya memilih monitor LED dengan kualitas yang terbaik agar dapat memberikan kualitas gambar dan efisiensi energi.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top