Paduan Membuat Komputer Gaming Rakitan

Tips Memilih Processor Terbaik untuk Komputer Gaming

Terkadang, memilih CPU atau Processor untuk komputer gaming tidak semudah yang dibayangkan. Anda tentu akan dibingungkan oleh banyaknya pilihan CPU yang beredar di pasaran. Hal ini tentu juga menimpa anda yang tidak mengerti sama sekali tentang CPU baik model, kecepatan, maupun fiturnya. Lalu, bagaimana anda bisa tau processor mana yang tepat bagi PC gaming anda?

Oleh karena itu, buildpcgames hadir untuk membantu anda dengan cara memberikan tips memilih processor terbaik untuk komputer gaming anda. Informasi berikut akan membantu anda untuk memahami sedikit tentang dunia CPU sehingga anda dapat membuat pilihan cerdas dalam memilih CPU terbaik untuk kebutuhan komputer gaming yang anda inginkan.

Tips Memilih Processor Terbaik untuk Komputer Gaming

Pengertian tentang CPU


Jadi apa sih sebenarnya CPU itu? CPU (Central Processing Unit) merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam setiap sistem komputer, dan dapat digambarkan sebagai otak dari komputer. CPU berisi logika sirkuit yang melakukan instruksi dari perangkat lunak yang Anda jalankan. Kinerja game dan aplikasi lainnya akan langsung berhubungan dengan mikroprosesor kecil ini.

Tauhkah anda jika memilih prosesor terbaru, tercepat, atau yang paling mahal di pasaran tidak akan selalu menghasilkan CPU yang tepat untuk sistem tertentu. Hal pertama yang harus anda ketahui adalah bahwa perlu perlu dipastikan jika CPU yang anda pilih akan cocok dengan motherboard yang anda miliki. Tidak semua CPU bekerja dengan semua tipe motherboard, sehingga anda harus memeriksa dahulu apakah processor cocok dengan motherboardnya. Jika anda ingin mengetahui motherboard terbaik untuk komputer gaming yang anda rakit, pelajari tips memilih motherboard terbaik untuk komputer gaming.

Processor Intel vs Processor AMD


Anda mungkin menyadari jika ada dua perusahaan yang mendominasi pasar dari CPU yaitu Intel dan AMD (Advanced Micro Devices). Keduanya membuat berbagai model prosesor yang berbeda pada rentang harga yang berbeda pula. Sebagai contoh adalah, Intel memiliki prosesor model i7 dan Core i5, sedangkan AMD memiliki Phenom dan seri FX.

Terkadang ada perdebatan populer namun sebenarnya salah antara Intel vs AMD. Mungkin anda akan bingung memilih processor merk apa, namun sebenarnya anda tidak perlu bingung karena pada dasarnya keduanya memiliki model processor yang sama-sama baiknya. Itu semua tergantung pada budget/uang yang anda miliki, jadi misalnya jika anda memiliki anggaran yang sangat ketat, maka sebaiknya anda memilih prosesor AMD seri FX, tetapi jika anda memiliki jumlah anggaran yang besar, maka prosesor i7 milik Intel bisa menjadi pilihan yang tepat bagi komputer gaming yang anda buat.

CPU Terbaik untuk PC Gaming


Untuk komputer gaming, hal yang perlu diperhatikan dari pemilihan CPU adalah kemampuan CPU pada sistem untuk dapat menjalankan game terbaru dengan lancar. Saya akan sangat menyarankan Intel Core i5 atau Intel Core i7 untuk bermain game di PC. Kedua processor ini adalah produk yang paling populer, dan memberikan kinerja terbaik dalam bermain game sesuai dengan apa yang anda keluarkan untuk membeli processor ini. Namun, memilih antara model i5 atau i7 akan sangat tergantung pada seberapa banyak budget yang anda miliki serta seberapa besar kebutuhan anda akan kecepatan kinerja processor itu sendiri. Sebagai contoh dalam pemilihan, intel core i7 lebih cepat dibandingkan i5, namun sedikit lebih mahal harganya.

Pendingin Terbaik untuk CPU PC Gaming


Akhir-akhir ini, CPU terbaik biasanya menghasilkan begitu banyak panas dan tentu hal ini tidak bisa didiamkan. CPU membutuhkan sistem pendingin agar tidak sampai overheating. Prosesor biasanya dilengkapi dengan heatsink / fan standart untuk membantu mendinginkan processor itu sendiri. Tapi, jika anda merasa bahwa kipas bawaan tidak cukup mampu mendinginka CPU komputer gaming, maka kipas bawaan tersebut bisa diganti dengan produk pendingin lainnya yang ada di pasaran agar CPU lebih dingin sehingga performa yang dihasilkan processor juga lebih baik lagi. Jika anda akan melakukan overclocking pada CPU komputer gaming yang anda miliki, maka kemungkinan anda juga memerlukan sistem pendingin yang lebih baik seperti liquid cooler dibandingkan dengan pendingin standart.

Video Processor Terbaik untuk Komputer Gaming


Kesimpulan dari Tips Memilih Processor untuk PC Gaming


Dari tips memilih processor terbaik untuk komputer gaming dapat disimpulkan jika ternyata memilih CPU terbaik untuk game bisa menjadi hal yang membingungkan, tapi semoga artikel ini dapat membantu anda membuat pilihan yang lebih tepat dalam membeli processor. Karena processor merupakan komponen penting bagi sistem, terutama untuk komputer gaming, maka buildpcgames akan merekomendasikan anda untuk membeli CPU terbaik yang mampu memberikan kinerja yang tinggi sehingga mampu digunakan untuk bermain game dengan lancar. Namun, yang perlu diingat adalah untuk membeli CPU yang sesuai dengan motherboard yang anda mikliki karena jika tidak maka percuma saja anda membeli processor yang mahal namun tidak pas dengan motherboardnya.

Beberapa Rekomendasi Model Processor untuk PC Gaming


AMD FX8320 - Tips Memilih Processor Terbaik untuk Komputer Gaming
AMD FX8320
Intel i7 5820k - Tips Memilih Processor Terbaik untuk Komputer Gaming
Intel i7 5820k
Intel i5 4690k - Tips Memilih Processor Terbaik untuk Komputer Gaming
Intel i5 4690k

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top