Paduan Membuat Komputer Gaming Rakitan

Tips Memilih Soundcard Terbaik untuk Komputer Gaming

Artikel ini akan membantu anda dalam memilih soundcard terbaik untuk kebutuhan anda sendiri, dan membantu anda memutuskan apakah Anda benar-benar perlu untuk membeli soundcard khusus sebagai sebuah prioritas dalam merakit komputer gaming. Dengan soundcard yang berkualitas, tentu anda akan memiliki pengalaman bermain game yang lebih baik dimana kualitas suara tentu juga mempengaruhi rasa saat bermain game. Tapi, sebelum memutuskan untuk membeli, baca dulu tips memilih sound card terbaik untuk komputer gaming yang akan di ulas di bawah ini.
Tips Memilih Soundcard Terbaik untuk Komputer Gaming

Perlukah Anda Membeli Soundcard untuk Komputer Gaming?


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah bertanya pada diri sendiri apakah anda perlu membeli sebuah soundcard khusus. Kebanyakan motherboard yang baik sudah tertanam sebuah soundcard. Jika Anda hanya pengguna komputer untuk keperluan biasa atau gamer dengan anggaran yang sedikit ketat, maka soundcard dengan kualitas suara yang lebih baik tidak begitu diperlukan. Anda cukup menggunakan soundcard bawaan dari motherboard dan itu merupakan pilihan terbaik bagi anda.

Di sisi lain, jika anda merupakan seorang produser musik atau ingin kualitas suara yang sangat baik saat memainkan game kesayangan, maka soundcard bawaan dari motherboard tidaklah cukup. Maka anda perlu untuk membeli soundcard secara terpisah dimana haruslah cocok dengan port PCI-Express pada motherboard yang anda miliki.

Jika anda merupakan gamer, untuk mendapatkan suara audio yang maksimal tentu memerlukan soundcard yang berkualitas. Saat memilih, perhatikan setiap fitur yang ditawarkan agar pengalaman mendengar suara lebih tajam dan baik. Anda dapat menemukan sound card yang layak dengan harga berkisar antara 400rb hingga 1,2 juta dan yang pasti akan memenuhi kebutuhan audio gaming Anda.

Hal Lain yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Soundcard


Jika Anda peduli tentang surround sound, maka anda jelas akan menginginkan soundcard yang mendukung fitur tersebut. Sebagian besar soundcard terbaik telah mendukung EAX dan 5.1 surround sound, dan saat ini, beberapa soundcard bahkan memiliki dukungan suara surround 7.1.

Hal lain yang perlu diingat dan dipertimbangkan adalah apakah komputer anda dapat menangani soundcard yang anda beli. Jika anda memasang high-end sound card ke dalam PC yang lebih tua dengan prosesor lambat, komputer anda mungkin tidak dapat mengambil keuntungan dari semua fitur yang ditawarkan oleh sound card tersebut. Jadi, tentu itu akan menjadi sebuah pemborosan dana yang sebenarnya bisa digunakan untuk membeli komponen lain bagi komputer gaming yang anda rakit.

Video Tips dan Paduan tentang Soundcard untuk Komputer Gaming


Kesimpulan dari Tips Memilih Soundcard Terbaik


Kebutuhan akan soundcard sebenarnya bergantung pada kebutuhan anda. Soundcard mungkin penting untuk komputer anda atau bahkan tidaklah penting sama sekali. Gamer sebenarnya tentu akan memerlukan sound card yang layak, sementara produser musik akan memerlukan sebuah sound card yang lebih baik. Tapi jika anda hanya pengguna komputer biasa atau gamer yang tidak begitu memikirkan tentang suara atau dengan dana yang terbatas, maka soundcard yang tertanam bersama motherboard sudahlah lebih dari cukup.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top