Paduan Membuat Komputer Gaming Rakitan

Langkah demi Langkah Panduan Instalasi dan Merakit Komputer Gaming

Dengan panduan tentang bagaimana langkah demi langkah merakit PC, anda akan belajar cara menginstal setiap komponen komputer gaming dengan aman dan benar. Jika anda sudah memiliki semua komponen komputer mulai dari motherboard hingga soundcard untuk membangun komputer game baru, maka anda siap untuk menempatkan setiap komponen tersebut dan membuat setiap komponen tersebut berjalan untuk bermain game favorit yang anda miliki.

Saat ini tidaklah sulit membangun PC gaming custom sendiri dan anda tidak begitu memerlukan pengalaman sebelumnya karena sebagian komponen sangat mudah untuk diinstal dan juga sudah dilengkapi dengan instruksi yang sudah jelas pula. Jadi, mungkin saja anda tidak memerlukan panduan instalasi ini, tetapi tetap saja buildpcgames akan memberikan Langkah demi langkah panduan instalasi dan merakit komputer gaming supaya anda semakin jelas dalam melakukan perakitan komputer gaming. Jika masih bingung, anda bisa melihat video yang telah kami sediakan di bawah ini.
Langkah demi Langkah Panduan Instalasi dan Merakit Komputer Gaming

Persiapkan Casing CPU


Langkah pertama dalam membangun PC gaming yang anda impikan adalah dengan mempersiapkan casing CPU. Untuk membangun PC, pilihlah tempat untuk merakit yang memiliki cukup ruang, pencahayaan cukup, dan dengan setidaknya dekat dengan stop kontak listrik.

Ikuti instruksi membongkar case komputer yang sudah tersedia didalam dus untuk melepas casing luar atau panel penutup samping, tergantung pada style case yang anda beli. Kemudian, rebahkan sisi samping case pada pada permukaan yang datar sehingga Anda memiliki akses yang mudah ke bagian dalam cease untuk menginstal setiap komponen komputer.

Pasang Power Supply (PSU)


Anda sekarang perlu untuk menyesuaikan power supply hingga bisa masuk kedalam case yang merupakan suatu hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Sesuaikan dengan lubang power supply pada Casing yang biasanya letaknya berada di ujung belakang case atau bisa jadi di bagian atas. Pastikan bahwa soket listrik dan stop kontak menghadap ke arah luar case. Pastikan PSU terpasang dengan aman dengan melakukan sekrup pada bagian tersebut.

Pasang Setiap Komponen


Setelah anda mempersiapkan casing dan memasang PSU, maka anda siap untuk melakukan langkah berikutnya seperti menginstal motherboard dan kemudian komponen lainnya satu per satu dengan mengikuti beberapa artikel dibawah ini:

  1. Cara Memasang Motherboard
  2. Cara Memasang CPU dan Heatsink + Fan
  3. Cara Memasang RAM
  4. Cara Memasang Drive
  5. Cara Memasang Kartu Grafis
  6. Cara Memasang Sound Card
  7. Cara Memasang Monitor
  8. Cara Memasang DVD Drive
  9. Cara Memasang Floppy Drive

Video Tips dan Paduan tentang Casing untuk Komputer Gaming


First Boot Up dan BIOS Setup


Sebelum mencoba proses booting komputer, anda harus memeriksa lebih setiap komponen yang ada. Pastikan juga semua komponen anda terpasang dengan benar. Monitor, casing PC, dan speaker semuanya harus terhubung ke sumber listrik. Setelah itu, tekan tombol On yang berada di depan casing PC anda.

Power light di bagian depan PC anda harus menyala. Selain itu, pastikan anda juga mendengar suara dari kipas CPU dan juga suara PSU, berikut didalamnya drive berputar keras. Beberapa detik kemudian, anda akan melihat beberapa teks yang ditampilkan pada monitor, dan kemudian akhirnya menampilkan sesuatu seperti "tidak dapat memuat sistem operasi". Jika ini terjadi maka selamat, booting pertama anda sukses dan anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu mengkonfigurasi BIOS Anda.

Instal Sistem Operasi


Setelah anda selesai mengkonfigurasi BIOS untuk pertama kalinya, anda dapat melanjutkan langkah merakit komputer gaming dengan menginstal sistem operasi pada pc gaming anda. Sebagian besar dari anda akan menginstal Windows 7, 8, atau bahkan windows 10. Dalam instalasi operating system ini, anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dasar di layar setelah meletakan disk os pada DVD Drive.

Langkah demi langkah panduan instalasi dan merakit komputer gaming memang sesederhana itu. Setelah Anda menginstal sistem operasi, maka anda siap untuk memainkan game kesukaan yang anda miliki. Seperti yang anda lihat, merakit sendiri PC kustom adalah proses yang sangat mudah untuk dilakukan saat ini.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top