Paduan Membuat Komputer Gaming Rakitan

Tips Memilih Power Supply Terbaik untuk Komputer Gaming

Power supply pada komputer (juga dikenal sebagai PSU) merupakan bagian yang sering kali diabaikan. Padahal, peran dari power supply ini penting bagi komputer gaming yang anda rakit. Tanpa listrik, komputer anda hanya akan menjadi sebuah kotak penuh logam dan plastik tanpa ada daya. Artikel ini sendirin menjelaskan apa yang perlu anda ketahui saat memilih PSU yang terbaik untuk komputer gaming anda.

Dalam PC, power supply komputer adalah kotak logam yang biasanya terletak di sudut casing komputer. Dalam beberapa komputer, power supply terlihat dari belakang casing karena power supply memiliki konektor kabel power dan kipas pendingin. Tujuan utama dari power supply adalah untuk mengkonversi daya AC dari listrik untuk dijadikan tegangan rendah DC yang digunakan untuk komponen internal komputer.


Tips Memilih Power Supply Terbaik untuk Komputer Gaming

Power supply memberikan tiga tegangan DC yang berbeda untuk komputer anda yaitu 12VDC, 5VCD, dan 3VDC. Ketiga tegangan ini digunakan untuk komponen yang berbeda dalam sistem komputer gaming anda. Misalnya, kekuatan tegangan 5VDC digunakan untuk motherboard, regulator tegangan, port serial paralel, dan port PCI serta port AGP.

Jumlah Power Supply untuk Komputer Gaming


Setiap power supply memiliki watt tertentu berdasarkan daya output maksimum mereka. Watt secara umum berkisar dari 300W ke 500W, meskipun untuk yang terkini, watt dari power supply game dari 600W, 700W, hingga 800W. Bahkan, beberapa unit power supply memiliki hingga 1 kW watt, tetapi sebenarnya jumlah power sebesar itu tidak diperlukan untuk pengguna normal.

Untuk komputer game, umumnya Buildpcgames akan merekomendasikan setidaknya power supply dengan daya 500W, meskipun anda mungkin membutuhkan lebih atau kurang tergantung pada sistem komputer gaming yang anda rakit. Yang perlu anda perhatikan yaitu meskipun komponen tertentu membutuhkan beberapa watt, tapi komponen tersebut tidak akan menggunakan seluruh daya.

Video Tips dan Paduan tentang Power Supply untuk Komputer Gaming


Kesimpulan dari Tips Memilih Power Supply untuk Komputer Gaming


Itu tadi merupakan beberapa tips memilih power supply terbaik untuk komputer gaming dari Buildpcgames. Power supply komputer sendiri merupakan bagian penting dari komputer gaming anda dan memberikan kekuatan bagi komponen di dalam sistem untuk bekerja dan juga mendinginkan komputer anda dengan kipas angin. Tentu akan menjadi bijaksana jika anda memilih PSU yang layak serta berkualitas ringgi dari produsen terkemuka dengan reputasi tinggi sehingga anda bisa tidur dengan tenang di malam hari. Hal ini dikarenakan komputer gaming anda didukung dengan daya yang baik tanpa harus khawatir tentang masalah daya.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top