Paduan Membuat Komputer Gaming Rakitan

Tips Memilih RAM Terbaik untuk Komputer Gaming

Apakah anda memerlukan bantuan memilih memori komputer (RAM) terbaik untuk komputer gaming yang anda buat dan rakit? Untuk anda yang tidak mengetahui apa itu RAM, RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Fungsi dari RAM adalah digunakan untuk menyimpan program aplikasi yang sedang berjalan, dan semakin besar kapasitas RAM yang anda miliki, maka semakin cepat proses game dan program lainnya akan berjalan. Untuk melihat seberapa besar kinerja RAM yang bekerja, anda dapat memantaunya dengan membuka program task manager.

Membeli dan berinvestasi produk RAM dengan kapasitas yang besar dari perusahaan pembuat RAM terpercaya merupakan ide yang cerdas. Tentu saja, kapasitas dan jenis RAM yang akan anda beli memang memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja keseluruhan sistem komputer gaming anda. Tapi jenis RAM apa yang seharusnya anda beli serta berapa banyak RAM yang anda butuhkan untuk membuat komputer gaming saat ini? Untuk itu, buildpcgames memberikan tips memilih RAM terbaik untuk komputer gaming.

Tips Memilih RAM Terbaik untuk Komputer Gaming

Beberapa Tipe RAM untuk PC Gaming


Ada berbagai jenis RAM yang dapat anda beli untuk memenuhi kebutuhan RAM komputer gaming anda seperti SDRAM, DDR2 RAM, DDR3 RAM, dan DDR4 RAM. Selain itu, RAM juga memiliki kecepatan yang berbeda seperti 1333MHz dan 1600MHz. Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih RAM untuk game PC anda adalah dengan memastikan motherboard yang anda punya mendukungan jenis dan kecepatan RAM yang akan anda beli dan gunakan. Jenis terbaru dari RAM yang berada di pasarana saat ini adalah RAM berjenis DDR4 dan DDR3. Maka, untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang tak terlupakan, pastikan anda memilih RAM berjenis ini.

Beberapa Besar Kapasitas RAM untuk PC Gaming


Anda mungkin bertanya-tanya berapa banyak RAM yang harus digunakan dan dibeli untuk bermain game di PC. Jawaban yang sederhana untuk pertanyaan tersebut adalah "sebanyak yang Anda mampu". Menambahkan memori untuk sistem anda akan mempengaruhi tidak hanya kinerja game tapi kinerja program aplikasi lain, sehingga semakin banyak kapasitas RAM anda maka itu akan lebih baik. Untuk masalah harga, saat ini harga RAM cukup murah sehingga menambah RAM pada sistem komputer gaming adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan kinerja komputer gaming anda.

Namun, ada titik di mana menambahkan lebih banyak memori tidak akan selalu memberikan hasil nyata dalam kinerja komputer sehingga trik ketika memilih memori komputer (bagi mereka yang benar-benar ingin memaksimalkan kinerja komputer dengan uang yang terbatas) adalah dengan membeli dalam jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda tanpa membuang-buang uang untuk kelebihan memori yang sebenarnya tidak diperlukan.

Untuk hanya menjalankan Windows 8 dan program lainnya, RAM yang dibutuhkan mungkin setidaknya hanya 1GB sampai 2GB RAM. Tapi jika Anda seorang gamer, maka anda akan membutuhkan RAM lebih dari pengguna komputer rata-rata. Untuk memainkan game terbaru yang ada di pasarana saat ini, 4GB adalah kebutuhan minimum akan RAM. Dengan 4GB RAM, kualitas yang didapatkan lumayan layak dalam menjalankan sistem game yang beredar saat ini. Anda seharusnya tidak memiliki masalah saat bermain game dengan RAM sebesar itu. Namun, jika anda memiliki anggaran keuangan yang lebih, maka tidak ada salahnya jika anda menambah kapasitas RAM PC anda menjadi 8GB karena saat ini dengan kapasitas RAM sebesar itu merupakan sesuatu yang ideal dibanding RAM sebesar 4GB. Selain itu, anda tidak perlu khawatir lagi jika di suatu hari game terbaru menambah minimum system requirement terutama di bagian RAM.

Bagi Anda yang cukup beruntung memiliki anggaran yang besar, memasang RAM sebesar 12GB atau 16GB tentu akan memberikan kekuatan yang besar dalam menjalankan multi tasking serta aplikasi game dengan system requirement besar. Namun yang perlu diingatlah, meskipun semakin besar kapasitas RAM itu lebih baik, tapi jika motherboard yang anda miliki tidak mendukung itu maka percuma saja membeli banyak RAM dengan kapasitas yang besar. Mungkin anda bisa bernafas lega karena kebanyakan motherboard saat ini telah mendukung dan memiliki slot RAM hingga 16GB. Namun alangkah baiknya jika anda memeriksa dan juga mencatat berapa banyak RAM slot pada motherboard yang ada miliki sebelum menetukan membeli berapa banyak RAM. Jika anda ingin mengetahui motherboard terbaik untuk komputer gaming yang anda rakit, pelajari tips memilih motherboard terbaik untuk komputer gaming.

Video Tips dan Paduan tentang RAM


Tips Membeli RAM Terbaik untuk Komputer Gaming


Merupakan faktor penting ketika memilih memori komputer terbaik untuk komputer gaming dengan melihat nama merek dari RAM yang anda beli. Buildpcgames sangat merekomendasikan anda tetap membeli RAM dari produsen berkualitas yang terbukti memproduksi RAM yang handal dengan kinerja yang baik. Beberapa produsen RAM terbaik itu seperti Kingston, Krusial, Corsair, G. Skill, OCZ, dan Patriot. Jadi jangan pernah mengambil resiko dengan membeli RAM dari produsen yang tidak memiliki kredibilitas dalam menyediakan RAM berkualitas.

Beberapa Rekomendasi RAM DDR4 Terbaik untuk PC Gaming


G. Skill Ripjaws 4 series - Tips Memilih RAM Terbaik untuk Komputer Gamingg
G. Skill Ripjaws 4 series
Corsair Dominator DDR4 - Tips Memilih RAM Terbaik untuk Komputer Gaming
Corsair Dominator DDR4
Kingston HyperX Predator - Tips Memilih RAM Terbaik untuk Komputer Gaming
Kingston HyperX Predator

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top