Paduan Membuat Komputer Gaming Rakitan

Tips Memilih Hard Disk Terbaik untuk Komputer Gaming

Dalam artikel ini anda akan belajar apa yang perlu anda ketahui saat memilih dan membeli hard disk terbaik untuk komputer gaming yang anda rakit. Hard disk adalah tempat semua file termsuk program dan permainan disimpan. Jelas, lebih besar kapasitas dari hard disk yang anda miliki maka itu lebih baik. Namu, tetap ada hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih hard disk yang tepat untuk kebutuhan Anda. Oleh karena itu, buildpcgames hadir dengan menawarkan paduan dan tips memilih hard disk terbaik untuk komputer gaming.

Tips Memilih Hard Disk Terbaik untuk Komputer Gaming

Bagaimana Hard Disk Bekerja


Hard disk menyimpan informasi dengan memanipulasi medan magnet di atas permukaan yang bergerak dari disk yang dilapisi dengan bahan magnetik. Hard disk menggunakan magnet untuk menyimpan informasi dan hal ini mirip dengan bagaimana tape atau video recorder bekerja. Setiap satu disk di dalam hard disk disebut dengan piringam. Hard disk berkapasitas besar berisi beberapa pirinamg dan menggunakan kedua sisi masing-masing piringan untuk penyimpanan. Disk berisi motor yang memutar piring-piring dengan kecepatan dari 5400 hingga 15.000 rotasi per menit (RPM).

RPM dalam Hard Disk


Jadi pada dasarnya, semakin cepat disk berputar, semakin cepat anda dapat mengakses dan mentransfer data. Sebagian besar hard disk terbaik saat ini memiliki kecepatan minimal 7200rpm. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan RPM saat memilih hard disk karena kecepatan ini akan mempengaruhi membaca dan menulis data, misalnya ketika loading game.

Cache Memory dalam Hard Disk


Hard disk biasanya memiliki tambahan cache memory yang ada di dalamnya untuk loading yang lebih cepat. Hard disk dengan memory cache sebesar 32MB atau bahkan 64MB biasanya akan bekerja sangat cepat, tetapi anda sebenarnya tidak memerlukan cache memory dengan jumlah yang besar karena pada kenyataannya, membeli hard disk dengan cache memory sebesar 8MB atau 16MB sudah cukup dan tidaklah menjadi sebuah masalah besar.

Antarmuka dalam Hard Disk


Antarmuka hard disk adalah hardware yang mengelola pertukaran data antara komputer dan hard disk. Antarmuka yang paling umum digunakan adalah ATA (Advanced Technology Attachment). ATA terdiri dari dua bentuk, ATA asli (juga dikenal sebagai paralel ATA, atau PATA) dan yang lebih baru dan lebih cepat, SATA (Serial ATA). Ketika anda akan memilih hard disk, pastikan motherboard anda mendukung antarmuka hard disk yang kemungkinan besar akan mendukung antarmuka berjenis SATA. Jika anda belum menentukan akan membeli motherboard merk dan tipe apa, buildpcgames menyarankan anda untuk membaca paduan tips memilih motherboard terbaik untuk komputer gaming.

Berapa Besar Kapasitas Hard Disk yang dibutuhkan Komputer Gaming


Hard disk memilik kapasitas yang berbeda-beda, tetapi jika yang anda butuhkan untukk bermain game terbaru, maka disarankan untuk membeli hard disk dengan kapasitas yang besar setidaknya hard disk berkapasitas minimal 500GB, atau 1TB karena untuk menyimpan game terbaru membutuhkan lebih banyak ruang dalam hard disk. Sebaiknaya anda juga mempertimbangkan berapa banyak gambar, video, dan musik yang akan anda simpan di dalam komputer gaming yang anda buat.

Gunakan Hard Disk dengan Merk Terpercaya


Jika anda ingin mendapatkan ketenangan pikiran, disarnakan untuk membeli produk hard disk yang berkualitas untuk menghindari masalah dengan hard disk yang anda miliki. Buildpcgames akan sangat menyarankan untuk menggunakan produk hard disk yang diproduksi oleh produsen terpercaya seperti Western Digital, Hitachi, dan beberapa model Seagate.

Video Tips dan Paduan tentang RAM


Bagaimana dengan Solid State Drives


Solid state drive (SSD) memiliki teknologi penyimpanan yang baru. Dengan SSD Anda akan merasakan loading yang sangat cepat. Namun, harga dari SSD memang sedikit lebih mahal. Akan tetapi, SSD merupakan pilihan yang bagus jika anda memiliki sedikit tambahan anggaram untuk dibelanjakan bagi PC kustom yang anda rakit karena memiliki keunggulan dibandingkan drive standar.

Kesimpulan dari Tips Memilih Hard Disk Terbaik


Jadi untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang menyenangka, setidaknya belilah hard disk terbaik yang berkecepatan minimal 7200rpm. Selain itu, belilah dari produsen yang terpercaya serta belilah hardisk yang berukuran kapasitas minimal 500GB. Namun, jika anda memiliki uang yang lebih untuk dibelanjakan, pertimbangkanlah membeli SSD untuk kinerja yang lebih baik.

Beberapa Rekomendasi Hard Disk Terbaik untuk PC Gaming


Enterprise Capacity 3.5 HDD - Tips Memilih Hard Disk Terbaik untuk Komputer Gaming
Enterprise Capacity 3.5 HDD
Western Digital Caviar Black - Tips Memilih Hard Disk Terbaik untuk Komputer Gaming
Western Digital Caviar Black
Western Digital Caviar Blue - Tips Memilih Hard Disk Terbaik untuk Komputer Gaming
Western Digital Caviar Blue

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top